APBD KOLAKA DITARGETKAN Rp 1,53 TRILIUN
APBD Kolaka 2024 Ditargetkan Rp1,53 Triliun

By ANDINI 13 Okt 2023, 09:57:58 WIB BERITA DEWAN
APBD KOLAKA DITARGETKAN Rp 1,53 TRILIUN

Keterangan Gambar : Penyerahan Secara Resmi Raperda Kabupaten Kolaka Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Kolaka


APBD Kolaka 2024 Ditargetkan Rp1,53 Triliun


Kolaka, KoP

Bupati Kolaka Ahmad Safei menyerahkan nota keuangan dan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024 kepada Ketua DPRD Kolaka Syaifullah Halik, dalam rapat paripurna, Selasa (10/20). Bupati menyebut target APBD 2024 sebesar Rp1,53 triliun.


Bupati Ahmad Safei mengungkapkan tema pembangunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2024, yaitu pencapaian pembangunan dan SDM Kabupaten Kolaka yang berdaya saing dan mandiri. Penjabaran tema ini meliputi percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi, pemenuhan sarana dan prasarana pelayanan dasar publik pendukung pertumbuhan wilayah, dan pemenuhan kebutuhan sosial dasar khususnya peningkatan lapangan kerja. "Selain itu, fokus RKPD Kolaka juga menyasar penanganan stunting dan

penanggulangan kemiskinan ekstrem, pelestarian nilai budaya lokal, peningkatan terhadap kapasitas mitigasi bencana dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, serta optimalisasi penanganan gangguan ketertiban menghadapi Pemilu dan Pilkada serentak 2024," jelasnya.


Adapun total APBD Kolaka tahun 2024 direncanakan sebesar Rp1,53 triliun. Sementara pendapatan daerah sebesar Rp1,51 triliun. Target pendapatan daerah tersebut terdiri dari Rp185,5 miliar target PAD, Rp1,32 triliun pendapatan transfer, dan Rp3,9 miliar target lain-lain pendapatan yang sah.


Selanjutnya belanja daerah dianggarkan sebesar Rp1,52 triliun. Dengan rincian belanja operasi sebesar Rp 1,05 triliun, belanja modal Rp208,6 miliar, belanja tidak terduga Rp10 miliar, dan belanja transfer Rp249 miliar. Adapun penerimaan pembiayaan ditargetkan sebesar Rp15 miliar, dan pengeluaran pembiayaan Rp5 miliar. 

"Berdasarkan perhitungan selisih antara penerimaan pembiayaan dan pengeluaran pembiayaan, maka diperoleh surplus pembiayaan netto pada tahun 2024 sebesar Rp10 miliar. Surplus pembiayaan tersebut digunakan untuk menutupi defisit belanja daerah sebesar Rp10 miliar, selingga sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa) 0 rupiah," papar Safei.


Selanjutnya, bupati Kolaka dua periode itu berharap rancangan APBD 2024 tersebut dapat diterima, dibahas, dan disetujui oleh legislatif untuk selanjutnya ditetapkan dalam peraturan daerah. "Kepada seluruh jajaran organisasi perangkat daerah lingkup Pemkab Kolaka agar dapat mengikuti rapat-rapat pembahasan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Terwujudnya pengelolaan keuangan daerah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel, dimulai dengan proses penyusunan APBD yang baik. Pastikan setiap rupiah yang dibelanjakan harus digunakan untuk program dan kegiatan yang benar-benar produktif, serta mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," pesan Safei.


Menanggapi pemaparan bupati, seluruh fraksi DPRD Kolaka menyatakan setuju dan menerima rancangan APBD 2024 untuk dibahas lebih lanjut. Rapat paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Kolaka Syaifullah Halik, didampingi Wakil Ketua I H. Husmaluddin, dan Wakil Ketua II I Ketut Arjana. Rapat dihadiri para anggota DPRD, pejabat lingkup Pemkab Kolaka dan Forkopimda. (kal)


Sumber : KolakaPos




Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat semua komentar

Write a comment