DPRD USUL LA HARUNA, PARINRINGI, NUR IHSAN
DPRD Usul Tiga Calon Pj Bupati Kolaka - La Haruna, Parinringi, Nur Ihsan

By ANDINI 07 Des 2023, 09:26:16 WIB BERITA SEPUTAR KOLAKA
DPRD USUL LA HARUNA, PARINRINGI, NUR IHSAN

Keterangan Gambar : HUMPRO DPRD


DPRD Usul Tiga Calon Pj Bupati Kolaka

- La Haruna, Parinringi, Nur Ihsan


Kolaka, KoP

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kolaka menetapkan tiga nama yang diusulkan sebagai calon Penjabat (Pj) Bupati Kolaka. Tiga nama Pj yang diusulkan itu adalah Kepala Dinas Perkebunan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Tenggara La Haruna, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sulawesi Tenggara Parinringi, dan Rektor Universitas Sembilanbelas November Kolaka Nur Ihsan.


Usulan nama calon Pj tersebut diputuskan melalui rapat fraksi dan pimpinan DPRD yang digelar, Selasa (5/12). "Hari ini (kemarin, red) kami telah selesai rapat bersama teman-teman fraksi, dan yang menjadi kesepakatan kita ada tiga nama yang akan diusulkan ke Kemendagri. Yaitu La Haruna, Parinringi, dan Nur Ihsan," ungkap Ketua DPRD Kolaka Syaifullah Halik, kemarin (5/12).


Syaifullah menjelaskan, sebelumnya masing-masing fraksi diberi kesempatan mengusulkan maksimal tiga nama calon Pj. Nama-nama yang diusulkan tiap fraksi kemudian dibahas bersama pimpinan DPRD hingga dikerucutkan dan ditetapkan menjadi tiga nama. Selanjutnya, Ketua DPRD segera mengirim dokumen tiga nama calon Pj tersebut kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta. "Hari ini (dokumen tiga nama calon Pj) sudah bisa dikirim ke Kemendagri, karena batasnya sampai besok (hari ini, red)," ujarnya.


Seperti diketahui, Plt Bupati Kolaka bakal dipercepat akhir masa jabatannya di akhir Desember ini. Hal itu diketahui dari surat Kemendagri ke sejumlah Ketua DPRD kabupaten/kota di Indonesia. Surat yang bersifat segera tersebut bernomor: 100.2.1.3/6047/SJ. Dalam surat tersebut, Ketua DPRD diminta sudah harus menyampaikan usulan calon Pj kepada Kemendagri paling lambat tanggal 6 Desember 2023.


Selain DPRD, usulan nama Pj Bupati Kolaka juga akan disampaikan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Kemendagri. Nantinya, Mendagri akan menetapkan satu nama yang akan menempati posisi Pj saat masa jabatan Plt Bupati Kolaka Muh. Jayadin, berakhir pada 31 Desember 2023 mendatang.


Syaifullah berharap siapapun yang dipilih sebagai Pj Bupati Kolaka nantinya mampu menjalankan roda pemerintahan dengan baik. "Kita berharap yang menjadi Pj adalah usulan dari kita, DPRD Kabupaten Kolaka. Tapi itu kembali berpulang kepada keputusan Presiden melalui Kemendagri yang akan memilih siapa yang akan menjadi Pj Bupati Kolaka," tandasnya. (kal)




Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat semua komentar

Write a comment