DPRD MINTA PERTAMINA BERKONTRIBUSI MEMBANGUN KOLAKA
Setujui Serahkan Aset 4,2 Hektar Lahan ke Pertamina

By ANDINI 08 Jun 2023, 09:20:46 WIB BERITA DEWAN
DPRD MINTA PERTAMINA BERKONTRIBUSI MEMBANGUN KOLAKA

Keterangan Gambar : HUMPRO DPRD


Kolaka-  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kolaka meminta PT Pertamina (Persero) memberikan kontribusi yang lebih terhadap pembangunan di Bumi Mekongga. Hal itu ditekankan para legislator dalam rapat paripurna persetujuan pemindahtanganan barang milik pemerintah daerah Kabupaten Kolaka aset tetap berupa tanah kepada PT Pertamina (Persero) di Kantor DPRD Kolaka, Senin (5/6).


Dalam rapat paripurna yang dihadiri Bupati Ahmad Safei dan Wakil Bupati Muhammad Jayadin itu, para wakil rakyat menyetujui pemindahtanganan barang aset tanah seluas 4,2 hektar yang berada di Depot Pertamina Kelurahan Kolakaasi, Kecamatan Latambaga. Meski menyetujui, DPRD membuat "persyaratan" agar dalam tindaklanjut nota kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Kolaka dan PT Pertamina nanti dimasukkan beberapa poin yang menjadi usulan dewan.


Poin utama yang dituntut dewan, seperti yang diungkapkan Ketua DPRD Syaifullah Halik, yakni komitmen PT Pertamina untuk memberikan kontribusi terhadap pembangunan Kolaka. "Kita menekankan bahwa Pertamina lebih berkontribusi lagi terhadap pembangunan di Kolaka. Misalnya berkontribusi terhadap pembangunan fasilitas kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur. Itu yang kami harap," ungkapnya.


Untuk menjamin tuntutan tersebut dipenuhi, Syaifullah meminta agar saat MoU antara Pertamina dan Pemkab Kolaka, turut melibatkan DPRD. "Hari ini kita setujui pemindahan aset 4,2 hektar tanah di Depot Kolaakasi. Makanya pada saat MoU dengan Pak Bupati nanti, kami berharap anggota DPRD Kolaka dilibatkan supaya bisa memastikan komitmen terkait kontribusi itu bisa dimasukkan dalam poin MoU," ujar politisi Partai Gerindra itu.


Hal senada diungkapkan Musdalim Zakkir. Anggota Komisi II ini menilai kontribusi Depot Pertamina di Kolakaasi selama beroperasi masih sangat minim. Untuk itu, sebagai imbal balik dari penyerahan aset lahan tersebut, Musdalim meminta PT Pertamina dapat meningkatkan porsi CSR-nya di Bumi Mekongga. "Di Kecamatan Lambataga itu banyak pondok tahfidz, minimal berkontirbusi lah di situ," tekan Musdalim.


Sementara itu, Bupati Kolaka Ahmad Safei dalam sambutannya mengatakan pemindahtanganan aset tanah ke PT Pertamina merupakan wujud komitmen dan dukungan pemerintah daerah terhadap PT Pertamina di Kolaka dalam memberikan pelayanan yang lebih baik dan prioritas kepada masyarakat. "Pemerintah Kabupaten Kolaka berkewajiban untuk memberikan dukungan penuh dalam rangka memastikan dan mewujudkan keberhasilan pelaksanaan peran strategis PT Pertamina dalam menunjang kelancaran pendistribusian BBM khususnya di wilayah Kabupaten Kolaka," kata Ahmad Safei.


"Saya berharap kepada pertamina untuk dapat meningkatkan kehandalan dan kualitas pelayanan kepada masyarakat, serta bersinergi dan berperan aktif memberikan bantuan pembangunan daerah dalam rangka mewujudkan Kabupaten Kolaka yang semakin maju berkeadilan dan sejahtera," ujarnya menambahkan. 


Perwakilan PT Pertamina (Persero) melalui Asset Dispute Resolution & Recovery, Prananda Ramdhan yang hadir dalam rapat paripurna tersebut menyampaikan apresiasi kepada Pemkab dan DPRD Kolaka. "Kami dari PT Pertamina bersedia mendukung dan mengikuti proses yang berlangsung sesuai dengan ketentuan undang-undang," kata Prananda Ramdhan kepada Kolaka Pos.


Ditanya terkait komitmen PT Pertamina terhadap pembangunan di Kolaka, Prananda Ramdhan mengatakan hal itu akan dibahas lebih lanjut bersama Pemkab Kolaka. "Pada prinsipnya kontribusi kami sangat jelas dalam pelayanan energi yang sudah menjadi mandat presiden. PT Pertamina diberi penugasan dalam pelayanan di bidang energi khususnya di wilayah 3T kita berkomitmen meningkatkan pelayanan," jelasnya. (kal)

Sumber: Kolaka Pos




Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat semua komentar

Write a comment